Mengungkap 10 Fakta Unik dan Menarik Anjing Paling Setia di Dunia yang Tetap Dikenang  hingga Satu Abad

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)-  Banyak orang pasti tahu tentang patung Hachiko, tempat pertemuan di Shibuya, Tokyo, Jepang . Dan banyak orang mungkin tahu sedikit tentang bagaimana anak anjing itu menunggu dengan sabar di Stasiun Shibuya setiap hari sampai pemiliknya pulang kerja, bahkan setelah tuannya meninggal dunia. 

Kisah ini terus menginspirasi Jepang sedemikian rupa sehingga patung lain didirikan pada tahun 2015 di kampus Universitas Tokyo, menyebabkan negara tersebut semakin meneteskan air mata atas kisah pahit tersebut. Karena kami tidak bisa menahan emosi, kami memutuskan untuk membuat ode kami sendiri untuk Hachi dengan daftar fakta yang tidak banyak diketahui tentang sahabat manusia yang pernah ada. 

Mengutip sindonews.com berikut adalah 10 fakta menarik tentang Hachiko, anjing paling setia yang kini berusia 100 tahun. 

  1. Mewakili Warga Jepang yang Ideal 

"Hachiko mewakili warga negara Jepang yang ideal dengan pengabdiannya yang tidak perlu dipertanyakan lagi," kata Profesor Christine Yano dari Universitas Hawaii, dilansir BBC. "setia, dapat diandalkan, patuh pada seorang master, pengertian, tanpa bergantung pada rasionalitas, tempat mereka dalam skema yang lebih besar." 

  1. Anjing dari Ras Tertua di Jepang 

Hachiko lahir pada November 1923 di kota Odate di prefektur Akita, tempat asli Akita. Seekor anjing Jepang berukuran besar, Akita adalah salah satu ras tertua dan terpopuler di negara ini. Ditunjuk oleh pemerintah Jepang sebagai ikon nasional pada tahun 1931, mereka pernah dilatih untuk berburu binatang seperti babi hutan dan rusa. "Anjing Akita tenang, tulus, cerdas, dan berani [dan] patuh pada tuannya," kata Eietsu Sakuraba, penulis buku anak-anak berbahasa Inggris tentang Hachiko. "Di sisi lain, ia juga memiliki kepribadian yang keras kepala dan mewaspadai siapa pun selain tuannya." 

  1. Awalnya Anjing yang Sakit-Sakitan 

Pada tahun kelahiran Hachiko, Hidesaburo Ueno, seorang profesor pertanian terkenal dan pecinta anjing, meminta seorang siswa untuk mencarikannya seekor anak anjing Akita. 

Setelah perjalanan kereta yang melelahkan, anak anjing tersebut tiba di kediaman Ueno di distrik Shibuya pada tanggal 15 Januari 1924, di mana awalnya dianggap mati. Menurut penulis biografi Hachiko, Prof Mayumi Itoh, Ueno dan istrinya Yae merawatnya hingga sembuh selama enam bulan berikutnya. Ueno menamainya Hachi, atau delapan dalam bahasa Jepang. Ko adalah gelar kehormatan yang diberikan oleh murid-murid Ueno.

Ueno naik kereta untuk bekerja beberapa kali seminggu. Dia pergi stasiun Shibuya ditemani ketiga anjingnya, termasuk Hachiko. Ketiganya kemudian akan menunggu di sana untuk kepulangannya di malam hari.

 Pada 21 Mei 1925, Ueno, yang saat itu berusia 53 tahun, meninggal karena pendarahan otak. Hachiko baru bersamanya selama 16 bulan. "Saat orang-orang sedang bangun, Hachi mencium bau Ueno dari rumah dan masuk ke dalam ruang tamu. Dia merangkak di bawah peti mati dan menolak untuk bergerak," tulis Itoh. 

  1. Tetap Setia dengan Sang Tuan 

Hachiko menghabiskan beberapa bulan berikutnya dengan keluarga yang berbeda di luar Shibuya tetapi akhirnya, pada musim panas 1925, dia berakhir dengan tukang kebun Ueno, Kikusaburo Kobayashi. Setelah kembali ke daerah tempat tinggal mendiang majikannya, Hachiko segera melanjutkan perjalanan hariannya ke stasiun, hujan atau cerah. 

“Pada malam hari, Hachi berdiri dengan empat kaki di gerbang tiket dan memandang setiap penumpang seolah-olah sedang mencari seseorang,” tulis Prof Itoh. 

Karyawan stasiun awalnya melihatnya sebagai gangguan. Penjual Yakitori akan menuangkan air padanya dan anak laki-laki kecil menggertak dan memukulnya. 

  1. Terkenal karena Ditulis di Koran

Namun, Hachiko memperoleh ketenaran nasional setelah harian Jepang Tokyo Asahi Shimbun menulis tentang dia pada Oktober 1932. Stasiun menerima sumbangan makanan untuk Hachiko setiap hari, sementara pengunjung datang dari jauh untuk melihatnya. 

Puisi dan haiku ditulis tentang dia. Sebuah acara penggalangan dana pada tahun 1934 untuk membuat patung dirinya dilaporkan menarik 3.000 orang. Kematian Hachiko pada 8 Maret 1935 menjadi halaman depan banyak surat kabar. 

Pada pemakamannya, biksu Budha berdoa untuknya dan para pejabat membacakan pujian. Ribuan orang mengunjungi patungnya pada hari-hari berikutnya.

  1. Patung Hachiko Jadi Tempat Demonstrasi. 

Patung Hachiko adalah tempat yang populer dan sering menjadi tempat protes politik. Di Jepang pascaperang yang miskin, penggalangan dana untuk patung baru Hachiko bahkan berhasil mengumpulkan 800.000 yen, jumlah yang sangat besar pada saat itu, bernilai sekitar 4 miliar yen. "Kalau dipikir-pikir, saya merasa dia tahu bahwa Dr Ueno tidak akan kembali, tapi dia terus menunggu. Hachiko mengajari kami nilai menjaga kepercayaan pada seseorang," tulis Takeshi Okamoto dalam sebuah artikel surat kabar pada 1982. 

Sebagai siswa sekolah menengah, dia telah melihat Hachiko di stasiun setiap hari. 

  1. Dianggap sebagai Pahlawan

Setiap tahun pada tanggal 8 April, upacara peringatan untuk Hachiko diadakan di luar Stasiun Shibuya. Patungnya sering dihiasi dengan syal, topi Santa, dan yang terbaru, masker bedah. Sebuah patung perunggu dirinya berdiri di luar Stasiun Shibuya di Tokyo, tempat Hachiko menunggu dengan sia-sia selama satu dekade, sejak 1948. 

Patung itu pertama kali didirikan pada 1934 sebelum didaur ulang untuk upaya perang selama Perang Dunia Kedua. Anak sekolah Jepang diajari kisah Chuken Hachiko - atau anjing setia Hachiko - sebagai contoh pengabdian dan kesetiaan. Jenazah Hachiko dikebumikan di Pemakaman Aoyama, bersama Ueno dan Yae. Patung dirinya juga dibuat di Odate, kampung halaman Ueno, Hisai, Universitas Tokyo dan Rhode Island, latar Amerika untuk film tahun 2009. 

  1. Tetap Dikenang hingga 100 Tahun 

Kota Odate juga memiliki serangkaian acara tahun ini untuk ulang tahunnya yang ke-100. Akankah anjing paling setia di dunia masih dirayakan seabad dari sekarang? Prof Yano mengatakan ya karena dia percaya "kepahlawanan Hachiko" tidak ditentukan oleh periode tertentu - melainkan abadi. Tuan Sakuraba sama optimisnya. 

"Bahkan 100 tahun dari sekarang, cinta tanpa syarat dan setia ini tidak akan berubah, dan kisah Hachiko akan hidup selamanya." 

  1. Diabadikan Melalui Film dan Buku

 Sebuah tagline China di poster film mengatakan semuanya: "Aku akan menunggumu, tidak peduli berapa lama." Ini menceritakan kisah nyata Hachiko, anjing setia yang terus menunggu tuannya di sebuah stasiun kereta api di Jepang lama setelah kematiannya. Hachiko yang berjenis Akita Inu, lahir 100 tahun yang lalu, telah diabadikan dalam segala hal mulai dari buku hingga film hingga sitkom fiksi ilmiah Futurama. 

Dan iterasi China - yang ketiga setelah versi Jepang pada tahun 1987, dan yang dibintangi oleh Richard Gere pada tahun 2009 - menjadi hit di box office. Ada cerita tentang anjing pemburu setia lainnya seperti Greyfriars Bobby, tetapi tidak ada yang memiliki dampak global dari Hachiko. 

  1. Diasosiasikan dengan Tokyo

 Tapi dari Shibuya Foto/matcha-jp.com Berbeda dengan dia sebagai simbol tudung Tokyo yang paling modis, Hachiko bukanlah berasal dari Shibuya, atau bahkan Tokyo dalam hal ini. Hachiko lahir di Kota Odate di Prefektur Akita pada 10 November 1923.***